Pertanyaan Unik Thomas Alva Edison Kepada Pelamar Kerja

Selain dikenal sebagai penemu bola lampu, Thomas Alva Edison juga dikenal memiliki ingatan yang sangat kuat. Di awal tahun 1920an, ia mengaku frustasi terhadap anak-anak kuliah yang melamar pekerjaan di tempatnya. Ia merasa para pelamar itu tidak memiliki pengetahuan sedalam pengetahuan yang ia miliki. Akhirnya ia merancang sendiri pertanyaan untuk menguji ketahanan mental para pelamar kerja tersebut.Beberapa pertanyaan terkait dengan perusahaan, dan beberapa masih menjadi misteri hingga saat ini. Kenapa misteri? Akan kita bahas lebih lanjut dalam tulisan ini.

Thomas Alva Edison lahir pada 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, Amerika Serikat dan meninggal pada usia ± 74 tahun pada 18 Oktober 1931. Waktu kecilnya ia dianggap murid tidak berbakat dan sulit diajar, sehingga ia harus diajar sendiri oleh ibunya yang kebetulan juga berprofesi sebagai guru. Waktu  membuktikan bahwa dirinya bukan murid tidak berbakat, hanya saja ia terlalu jenius untuk diajar di sekolah dengan kurikulum di Amerika Serikat yang belum seberkembang sekarang.

Singkat cerita, setelah ia sukses dan berhasil membangun perusahaannya sendiri, ia merekrut lulusan-lulusan universitas untuk bekerja di perusahaannya. Tentu setelah namanya masyur, banyak sekali anak muda yang bermimpi bekerja di perusahaan sang penemu bola lampu. Ternyata hasil yang dibayangkan oleh Thomas Alva Edison jauh dari perkiraannya. Ia merasa anak-anak ini tingkat pengetahuannya jauh sekali dari pengetahuan yang dimilikinya.

Akhirnya ia merancang sendiri pertanyaan-pertanyaan sebagai ujian awal bagi mereka yang ingin melamar kerja di tempatnya juga sbeagai ujian ketangguhan mental. Berikut contoh-contoh pertanyaannya:

a. Siapakah Francis Marion?
Ia adalah seorang petugas di Perang Revolusi, yang sering disebut sebagai bapak perang gerilya. Kemampuannya menggerakkan pasukan dengan menyamar dan menyelinap di rawa-rawa menyebabkan dia mendapat julukan Rubah Rawa Tua. Mungkin kalau konteks Indonesia, yang ditanya siapakah Raden Soedirman?

b. Dimanakah Sungai Volga?
Sungai paling panjang di Eropa kan? ada di Rusia!  Lalu dimanakah sungai Mekong?

c. Siapa penemu Logaritma?
Ahli MAtematika dari Skotlandia yang bernama John Napier, pada pertengahan 1600an. Ia juga menggabungkan hasil karya Matematikawan Italia (Fibonacci)dan jenius dari Turki (Matrakç). Pertanyaan a la Indonesia adalah, siapa penemu istilah Pancasila?

d. Terbuat dari apakah Kuningan?
Kuningan adalah campuran logam dari seng dan tembaga. Manusia mulai membuat Kuningan pada awal zaman Neolitik, walau kadang sering dicatat oleh ahli sejarah sebagai Perunggu (campuran logam dari tembaga dan timah). Apakah kamu tahu terbuat dari apakah emas putih?

e. Siapakah Leonidas?
Pemimpin militer dari Sparta kuno yang mempimpin sekitar 300 pria secara heroik melawan pasukan Persia dalam pertempuran Thermopylae. Pasti dia dibantu oleh Pasukan Yunani yang lain, tapi yang pasti juga 300 pasukan yang dipimpinnya adalah cerita legenda bersejarah. Dia juga yang sebenarnya meneriakkan kata-kata “This! Is! Spartaaaa!”. Padahal pasti sudah menonton filmnya ya, tapi kok lupa?!?

Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang dapat dicatat oleh ahli sejarah. Namun, tidak seluruh pertanyaan dapat dicatat karena Thomas Alva Edison tidak mau memberikan daftar pertanyaan tersebut, apalagi jawabannya. Jadilah sejarawan dan wartawan pada saat itu, menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui wawancara dengan yang habis ikut ujian. Parahnya, banyak yang lupa pertanyaan yang diajukan pada saat ujian, saking sulitnya pertanyaan-pertanyaan tersebut. Thomas Alva Edison cuma menjawab begini saat ditanya apa kesimpulan dari pertanyaan-pertanyaan dalam ujian tersebut? “Ternyata hanya 2% dari peserta ujian yang menggunakan otaknya untuk berpikir!” Lol!

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Pertanyaan Unik Thomas Alva Edison Kepada Pelamar Kerja

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

https://zonadamai.com/

Mari berdiskusi mengenai Filsafat, Hukum, Sumber Daya Manusia, dan Gagasan

Notes from an Indonesian Policy Wonk

Notes and Analysis on Indonesian Current Affairs and Policies

Khalid Mustafa's Weblog

Sebuah Catatan Kecil

Pan Mohamad Faiz, S.H., M.C.L., Ph.D.

Constitutional Law, Human Rights and Democracy

JURNAL HUKUM

Mari berdiskusi mengenai Filsafat, Hukum, Sumber Daya Manusia, dan Gagasan

The Chronicles of a Capitalist Lawyer

Mari berdiskusi mengenai Filsafat, Hukum, Sumber Daya Manusia, dan Gagasan

Ibrahim Hasan

Mari berdiskusi mengenai Filsafat, Hukum, Sumber Daya Manusia, dan Gagasan

%d bloggers like this: